Tuesday, May 10, 2016

Membuat Android Jadi CCTV dengan Aplikasi IP Webcam

IP Webcam - merupakan suatu Aplikasi  untuk mengubah ponsel Anda menjadi kamera / video jaringan dengan beberapa pilihan tampilan. Anda dapat melihat kamera atau video dengan VLC player atau browser web. Video ini juga streaming dalam jaringan WiFi tanpa akses internet. Jadi Anda hanya perlu menghidupkan Hotspot WIFI salah satu perangkat Anda baik Smartphone Android Anda maupun Laptop Anda agar keduanya dapat terhubung sebagai jaringan tanpa adanya akses internet. 

Berikut ini apa saja yang anda butuhkan untuk membuat Android Jadi CCTV dengan Aplikasi IP Webcam :
  1. Aplikasi IP Webcam untuk Hp Android Anda, jika belum ada unduh DISINI
  2. PC/Leptop
  3. Video LAN-VLC untuk di PC atau Laptop,  jika belum ada juga unduh DISINI
Jika semua perangkat dan Aplikasi diatas telah tersedia, sekarang mari kita lihat cara Membuat Kamera Hp Android menjadi kamera CCTV dengan Aplikasi IP Webcam :

1. Buka aplikasi IP Webcam yang sudah Anda download di play store
2.  Kemudian setelah membuka aplikasinya, maka akan ada beberapa menu setting seperti resolution  video, photo, quality orientation dan lain-lain, lalu Klik pada menu yang berada paling bawah pada aplikasi IP webcam di ponsel Anda yaitu Start Server.  Perhatikan pada gambar di bawah ini :


3. Lihat pada screen ponsel Android, maka akan ada URL yang tertera di bagian bawah, seperti yang tertera pada  gambar dibawah ini.



4. Selanjutnya Anda buka software VLC Media Player yang telah Anda install pada PC/Laptop Anda, lalu klik pada menu Media lalu Buka stream jaringan, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
 
  
5. Lalu masukkanlah URL yang tadi, yaitu seperti format berikut http://URL/video, misalnya seperti punya saya http://192.168.1.43:8080/video kemudian klik Play
  
6. Untuk mengatur mempercepat/menstabilkan gerakan video nya, klik pada menu Playback lalu pilih Speed kemudian pilih Faster/lebih cepat 


7. Selesai, dan ini adalah screenshot monitor Android CCTV di laptop saya. Saya shot Laptop saya sendiri, Anda bisa lihat di situ tampak laptop saya dari CCTV Smartphone Android Saya.
 


Sekian postingan kali ini tentang " Cara Membuat Android Jadi CCTV dengan Aplikasi IP Webcam" terimakasih....

No comments

This Is My Life Reza Kashogie. All rights reserved. © Reza.