Wednesday, April 13, 2016

Script Dasar dan Aturan Penulisan Script PHP (Cara Cepat Belajar PHP)

Aturan Dasar Penulisan Kode Script PHP



Script Dasar dan Aturan Penulisan Script PHP (Cara Cepat Belajar PHP) - Seorang webmaster harus mengetahui aturan penulisan kode PHP. Tidak hanya PHP namun kode - kode lain juga memiliki aturan tersendiri. Berhubung yang akan kita bahas mengenai kode php, maka kita akan belajar cara menulis kode script PHP dengan benar. Sebelum anda belajar PHP lebih lanjut, saya sarankan anda sudah men-Download Aplikasi Xampp dan sudah bisa Mengoperasikan Aplikasi Xampp. Karena aplikasi Xampp sangat penting untuk anda yang ingin belajar kode PHP. Ok langsung aja kita bahas Aturan Penulisan Kode Script PHP.

Script Dasar dan Aturan Penulisan Script PHP (Cara Cepat Belajar PHP)

1. Kode script PHP akan dimulai dengan kode <?php dan kode PHP akan ditutup dengan ?>
2. Kode script PHP dapat diletakan di antara kode - kode HTML. Anda dapat meletakan kode script PHP asalkan kode PHP tersebut di letakan di antara kode <body> …. </body>. Saya akan mencontohkan kode PHP yang diletakan di antara kode HTML.
<html>
<head>
<title>Contoh Kode PHP </title>
</head>
<body>
<?php
echo ("Ini adalah Kode PHP yang diletakan di antara kode HTML");
?>
</body>
</html>
3. Ini adalah langkah awal supaya anda bisa mengenal dan memahami Kode Script PHP. Sekarang kita akan melanjutkan Aturan Penulisan Kode PHP yang lebih dalam lagi. 

Penamaan File PHP

Penamaan file php merupakan langkah awal bagi anda supaya lebih mengenal dan memahami Kode Script PHP. File PHP yang anda simpan harus berektensi .php (jika anda menyimpan dengan ekstensi lain seperti .html / .txt maka file yang anda simpan tidak akan terbaca). Gunakanlah notepad untuk menamakan file PHP anda, namun bagi anda yang masih kesulitan anda bisa membaca artikel ini Cara Menyimpan File PHP di Notepad. 
Catatan: Jika anda pernah menemukan file php dengan ekstensi berbeda seperti .php3 atau .phtml maka file - file tersebut menggunakan PHP versi lama atau PHP versi 3 ke bawah).

Komentar PHP

Komentar PHP merupakan bagian penting dari script PHP anda. Komentar PHP sangat berguna sekali jika anda lupa fungsi kode blok PHP yang anda buat. Gunakanlah Komentar PHP untuk mempermudah anda jika suatu saat kode tersebut dibutuhkan lagi. Cara membuat Komentar PHP sangatlah mudah, Komentar PHP ini tidak akan ditampilkan / di eksekusi di browser. Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan tanda “//” (tanpa tanda kutip) di awal baris atau anda bisa mengapit komentar dengan menggunakan tanda ini “/*” dan “*/” (tanpa tanda kutip). Contoh Komentar PHP adalah sebagai berikut:
<?php
// Ini adalah contoh Komentar PHP
echo ("Selamat Datang di blog The Ipeenk Creations");
?>
atau
<?php
/*
Ini adalah contoh Komentar PHP
Anda dapat membuat Komentar PHP yang panjang dengan cara seperti ini
Semoga Membantu :)
*/
echo ("Selamat Datang di blog The Ipeenk Creations");
?>

Awal dan Akhir Kode Script PHP

Kode script PHP di awali dengan kode “<?php” (dapat disingkat dengan “<?”) dan di akhiri dengan kode “?>”. Ingat jika anda tidak menutup kode PHP (“?>”), maka semua kode yang ada di bawah kode “<?” akan di eksekusi dengan server PHP.

Akhir Baris Kode Script PHP

Setiap anda membuat baris script PHP harus di akhiri dengan tanda titik koma “;”. Artinya meskipun anda membuat baris baru tanpa menggunakan tanda titik koma maka browser akan menganggap satu baris jika belum ada tanda titik koma.

Penggunaan Tanda Kurung di Kode PHP

Tanda Kurung berfungsi untuk memanggil setiap fungsi script PHP seperti Echo / Print. Setelah anda menambahkan tanda kurung, jangan lupa untuk menambahkan Titik Koma di setiap akhir tanda kurung. Contoh Penggunaaan Tanda Kurung adalah sebagai berikut:
<?
print (“Ini adalah contoh penggunaan Tanda Kurung”);
?>
Catatan: Echo dan Print memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menampilkan sebuah kalimat di browser.

No comments

This Is My Life. All rights reserved. © Reza.